loading...

Lapisan campuran lintang-menengah sangat tipis di akhir musim panas ketika angin-angin melemah, dan cahaya matahari menghangatkan permukaan lapisan . Pada waktu yang bersamaan, pemanasan sangat kuat dan angin sangat lemah, sehingga lapisan hanya memiliki ketebalan beberapa meter. Pada musim gugur, badai pertama dari musim mencampur panas masuk ke dalam lautan mempertebal lapisan campuran, tetapi sedikit panas yang hilang. Pada musim dingin, pemanasan hilang dan lapisan campuran meneruskan untuk mempertebal, menjadi sangat tebal pada akhir musim dingin. Pada musim semi, angin melemah, cahaya matahari meningkat dan membentuk lapisan campuran yang baru.
Dibawah lapisan campuran, temperatur air menurun dengan cepat terhadap kedalaman kecuali pada lintang tinggi. Jarak kedalaman dimana suku dari peubah, gradien dari temperatur adalah besar yang disebut dengan termoklin (thermoklin). Karena densitas berhubungan dekat dengan temperatur, termoklin juga cenderung menjadi lapisan dimana gradien dari densitas adalah yang terbesar, yang disebut dengan piknoklin (pycnocline).
Puncak dari termoklin sedikit berfariasi terhadap musim sebagaimana yang terlihat pada daerah antara 20 dan 200 desibar pada . Ini merupakan termoklin musiman. Termoklin permanen memanjang dari bawah termoklin musiman sampai pada kedalaman 1500-1200 meter . Pada lintang tinggi, seperti pada stasiun aac pada gambar, bisa jadi lebih dingin, permukaan lebih segar di atas termoklin permanen.
Lapisan campuran cenderung untuk menjadi lebih asin dari pada termoklin antara lintang 10◦ dan 40◦, dimana penguapan melebihi presipitasi. Pada lintang tinggi lapisan campuran lebih segar karena hujan dan es mencair yang mengurangi salinitas. Di beberapa wilayah tropis, seperti pada kolam hangat di tropical pasifik bagian barat, hujan juga menghasilkan sebuah lapisan campuran tipis yang lebih segar.