loading...

System informasi geografis (SIG) berkembang seiring dengan perkembangan system penginderaan jauh. SIG merupakan perpaduan antara perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) computer, data geografis dan pengguna yang dirancang untuk memudahkan pemasukan data, penyimpanan, pengubahan, manupulasi, analisis dan penayangan semua bentuk informasi geografis secara multi tema pada saat yang bersamaan.
SIG berbeda dengan system informasi lainnya. Hal yang membedakan SIG dengan system informasi lainnya adalah bentuk informasi berupa keruangan (spasial/geografis) dengan informasi atribut di dalamnya yang dapat ditampilkan secara multi tema.
Perkembangan system penginderaan jauh yang mempengaruhi peruntukan SIG dalam berbagai bidang aplikasi, antara lain:
a. Perencanaan wilayah dan managemen
b. Lingkungan
c. PoliTik
d. Teknik sipil
e. Ekonomi dan bisnis
f. Administrasi pemerintahan dan pendidikan
g. Perubahan
h. Kesehatan
i. Geografi dan geologi
j. Social
Komponen SIG terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), data dan metadata, serta pengguna. Jenis-jenis data yang digunakan dalam SIG adalah data input, data management, data analisis dan manipulasi, serta data output. Kesemua data tersebut merupakan data geografis yang terdiri dari:
a. Data atribut
Yaitu data yang memberikan karakteristik kenampakan geografis.
b. Data spasial
Yaitu data yang menggambarkan kenampakan geografis. Model data spsial dibedakan menjadi 2, yaitu:
1. Data raster
Data berbentuk ruang segi empat dengan elemen utamanya adalah sel. Kenampakan geografis direpresentasikan dalam ruang (pixel) yang mempunyai baris, kolom dan nilai atribut setiap pixel, serta mempunyai koordinat (x,y). Data raster baik digunakan untuk menggambarkan gradient. Data tersebut umumnya berasal dari citra satelit atau foto udara.
2. Data vector
Data vector dalam bentuk garis, area (polygon tertutup) dan poin. Data vector diperoleh dari hasil digitasi citra, peta dsb. Kenampakan geografis terdiri dari sejumlah koordinat x dan y serta mempunyai atribut.